Workshop Pembelajaran melalui MOOCs (Massive Open Online Courses) bagi Dosen Universitas Bengkulu Tahun 2022

Pusat Pengembangan Pembelajaran, LPMPP Universitas Bengkulu akan kembai hadir dengan melaksanakan Workshop Pembelajaran melalui MOOCs (Massive Open Online Courses) bagi Dosen Universitas Bengkulu Tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 1 Desember 2022. Acara direncanakan dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB di Ruang Rapat Tiga, Gedung Rektorat Universitas Bengkulu. Workshop ini akan menghadirkan pembicara utama dari Universitas Terbuka yang ahli dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu Ibu Dr. Trini Prastati, M.Pd. yang kebetulan sedang menjabat sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, LPPM Universitas Terbuka.

Workshop Pembelajaran melalui MOOCs direncanakan akan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bengkulu, Ibu Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc. Kegiatan ini ditargetkan mengundang perwakilan dosen program studi selingkung Universitas Bengkulu. Kami informasikan juga bahwa Universitas Bengkulu dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan platform LMS https://elearning.unib.ac.id dan https://moocs.unib.ac.id/. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman para dosen dalam mengembangkan sistem dalam https://moocs.unib.ac.id/. Narasumber utama Ibu Dr. Trini Prastati, M.Pd. akan mengupas tuntas bagaimana prosedur membuat course menggunakan MOOCs dengan berbagai model.
Sampai jumpa secara langsung dalam Workshop Pembelajaran melalui MOOCs.

Sekilas tentang konsep MOOCs dari berbagai sumber dapat dibaca pada penjelasan berikut.

Saat ini pengaruh teknologi terhadap penyelenggaraan pendidikan semakin lama semakin terasa dampaknya. Tidak perlu diperhatikan secara saksama, karena pada umumnya saat ini berbagai macam kegiatan sekolah, baik mata pelajaran dan beberapa kegiatan ekstrakurikuler sudah menggunakan teknologi sebagai media belajarnya. Misalnya saat guru yang sedang melaksanakan kegiatan belajar, di mana dalam penerapannya guru menggunakan infokus yang berfungsi sebagai alat penyampaian materi. Demikian juga dengan pengaruh gerakan Open Access. Teknologi dan gerakan Open Access ini mendukung berkembangnya Massive Open Online Courses atau dikenal dengan singkatan MOOCs. Lantas, bagaimana cara menerapkan Massive Open Online Courses?

Apa yang dimaksud dengan Massive Open Online Courses? Massive Open Online Courses merupakan suatu metode mengajar yang dilakukan secara online kepada siapapun yang ingin mengikuti kegiatan perkuliahan, tanpa ada batasan jumlah peserta. MOOCs juga bisa dikatakan sebagai suatu model penyelenggaraan pendidikan yang bersifat masif, yang mana secara teoritis tidak memiliki batasan jumlah peserta didik; bersifat terbuka karena siapapun diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi dan dilakukan tanpa biaya; dan bersifat online, karena biasanya sistem pembelajaran dilakukan secara virtual. Selain itu model pembelajaran Massive Open Online Courses (MOOCs) menggunakan media web sebagai alat perantara antara pendidik dengan anak didiknya.

Karakteristik MOOCs

Bates (2014) menjelaskan bahwa platform yang digunakan untuk menerapkan MOOCs saat ini begitu beragam, tetapi pada dasarnya MOOCs memiliki 4 karakteristik dasar, yaitu:

1. Massive

Prinsip dari MOOCs adalah infinite scalability, yang mengandung arti skala tidak terbatas. Prinsip MOOCs ini menjelaskan bahwa jumlah peserta MOOCs bisa mencapai ratusan ribu orang di setiap perkuliahannya, karena secara teknis tidak terdapat hambatan yang dapat membatasi jumlah peserta.

2. Open

Selain itu MOOCs tidak memiliki syarat khusus untuk mereka yang mau mengikuti kegiatan ini. Hal yang diperlukan untuk mengikuti kelas MOOCs ini yaitu hanyalah komputer dan jaringan internet yang lancar supaya tidak ada kendala ketika kegiatan sedang berlangsung. Selain itu, ada beberapa MOOCs yang menawarkan biaya untuk proses penilaian hasil kegiatan pembelajaran dan sertifikat yang akan diterima oleh peserta serta menetapkan biaya tertentu untuk mengikuti kelas MOOCs ini.

3. Online

MOOCs dipergunakan beberapa universitas untuk mendukung perkuliahan konvensional. Universitas akan menyediakan materi MOOCs melalui sebuah platform tertentu kemudian mahasiswa akan menggunakan materi tersebut. Dengan demikian kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara online ini akan memberikan kesempatan bagi setiap peserta untuk bisa melangsungkan kegiatan diskusi serta pendidik bisa mengetahui perkembangan kemampuan masing-masing anak didiknya.

4. Courses

Kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan MOOCs dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada kegiatan ini peserta (mahasiswa/siswa) juga diharuskan untuk membaca materi pembelajaran yang akan berlangsung, sehingga mereka bisa lebih mudah dalam menyimak paparan dari pemateri dan mereka bisa mengikuti kuis serta mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan. Selain itu, peserta juga didorong untuk terlibat dalam kegiatan diskusi online dalam forum yang telah disediakan.

Adapun reward yang akan diterima peserta ketika telah selesai menyelesaikan kelas dengan baik yaitu berupa sertifikat yang tentu saja akan berguna di kemudian hari sesuai kompetensi yang diterimanya.

Leave a Comment